Selasa, 14 Mei 2024

Sosialisasi Peserta Aktif PTPN IV Regional 2

DAPENBUN menyelenggarakan Sosialisasi Peserta Aktif PT Perkebunan Nusantara IV Regional 2 pada Selasa, 14 Mei 2024 melalui Zoom Meeting.

Acara dihadiri oleh Region Head PTPN IV Regional 2 yang diwakili oleh Kepala Bagian SDM Bapak Herry Dermawan, Direktur Operasional Bapak Hudi Prihmono, jajaran manajerial DAPENBUN, perwakilan tim Bank SUMUT dan Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun (YIIM) serta para peserta aktif PTPN IV Regional 2 yang akan memasuki masa pensiun.

Dalam sambutannya, Bapak Herry Dermawan menyampaikan terima kasih atas pelaksanaan sosialisasi ini. “Kami melihat acara ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dari DAPENBUN dan Manajemen PTPN IV untuk memperhatikan dan mempersiapkan karyawan-karyawan yang akan memasuki masa usia pensiun normal,” jelas Bapak Herry.

Bapak Hudi Prihmono juga turut serta menyampaikan sambutan dan harapan kepada peserta aktif agar dapat memahami besaran manfaat pensiun yang akan diterima, bagaimana cara menghitungnya, dan kewajiban melengkapi dokumen agar DAPENBUN bisa membayarkan manfaat pensiun secara tepat jumlah, tepat orang, dan tepat waktu.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta Bapak Boiran Wawi menyampaikan informasi mengenai gambaran umum DAPENBUN, perhitungan manfaat pensiun, tata cara perolehan manfaat pensiun serta cara perhitungannya.

Kemudian dilanjutkan oleh pemaparan Kepala Bidang Teknologi Informasi Bapak Hariyanto mengenai aplikasi DAPENBUN Online, guna memudahkan para Peserta untuk melakukan autentikasi diri secara online.

Per tahun 2024, pelaksanaan autentikasi diri dilakukan 2 kali dalam setahun, dengan periode sebagai berikut:

  1. Periode April s.d. Juni, sebagai syarat pembayaran Manfaat Pensiun untuk periode Juli s.d. Desember di tahun berjalan.
  2. Periode Oktober s.d Desember, sebagai syarat pembayaran Manfaat Pensiun bulan Januari s.d Juni di tahun berikutnya

Informasi tambahan disampaikan oleh perwakilan Bank SUMUT dan perwakilan Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun (YIIM) yang menjelaskan mengenai program serta pelatihan bermanfaat bagi para calon purna karya perkebunan.