Studi Banding DAPENBUN ke Dapen PLN terkait implementasi BCP, DRP dan DRC

13 March 2018

Pada hari Selasa (13 Maret 2018), Dana Pensiun Perkebunan (DAPENBUN) melakukan kunjungan studi banding ke kantor Dana Pensiun PLN (Dapen PLN) yang berlamat di Jl. Wolter Monginsidi No.5 Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Selain bersilaturahmi, kunjungan tersebut diagendakan untuk memperluas wawasan, saling bertukar pengalaman dan mencari informasi mengenai penyusunan Business Continuity Plan (BCP), Disaster Recovery Plan (DRP) dan pembangunan Disaster Recovery Center (DRC) yang sudah diimplementasikan secara baik di Dapen PLN.

Rombongan DAPENBUN dipimpin langsung oleh Bapak Haris Anwar selaku Direktur Investasi, didampingi oleh Ibu Titiek SM selaku Sekretaris Dapen serta Bapak Hariyanto selaku Kepala Unit TI dan tim Unit TI, diterima dengan hangat oleh manajer TI Dapen PLN, yaitu Bapak Tressna dan tim. Pada kesempatan tersebut, Bapak Tressna terlebih dahulu membuka presentasi dengan menyampaikan garis besar BCP, DRP dan DRC yang diterapkan di Dapen PLN. Beliau mengungkapkan bahwa pada intinya DRC adalah satu fasilitas yang berfungsi sebagai backup data pada saat terjadi gangguan pada pusat data utama suatu perusahaan, yang bisa disebabkan oleh bencana alam dan lainnya

Untuk idealnya, Disaster Recovery Center ini tidak berdiri sendiri. Selain DRC, perusahaan biasanya juga memiliki strategi lain dalam menghadapi bencana yakni Business Continuity Plan (BCP). Bila DRC lebih menitik beratkan pada bagian IT perusahaan, maka BCP lebih menitik beratkan pada sistem operasional bisnis. Misalnya saja berupa aturan dan prosedur yang harus dilakukan untuk memastikan bahwa bisnis tetap dapat berjalan selama dan setelah becana terjadi. Prosedur ini bisa saja berupa pengantian staff, hingga perubahan manajemen

Turut hadir juga Direktur Operasional PT Gerbang Sinergi Prima (GSP) Bapak Zulkifli dan tim, sebagai salah satu anak perusahaan dari Dapen PLN yang mengelola bisnis Data Center dan Payment Point Online (online real time), beliau mempresentasikan layanan-layanan yang ada di PT GSP.   

Dari kunjungan tersebut DAPENBUN mendapatkan banyak pengetahuan yang sangat berguna bagi perencanaan implementasi BCP, DRP dan DRC di DAPENBUN nantinya. 

 

 
         
    Info Dapenbun lainnya  
     

Launching DAPENBUN Online Tandai HUT ke-43 DAPENBUN
8 January 2019

Rekonsiliasai Data Kepesertaan dan Hutang /Piutang Iuran Tahun 2018 Antara DAPENBUN dengan Pemberi Kerja
13 December 2018

Rapat Pendiri, Mitra Pendiri, Dewan Pengawas dan Direksi DAPENBUN Tanggal 4 Desember 2018
10 December 2018

Direktur Operasional DAPENBUN Meresmikan Gedung Perpustakaan SD Negeri 03 Kalongsawah Jasinga Bogor
26 November 2018

Rapat Dewan Pengawas dengan Direksi DAPENBUN 26 Oktober 2018
29 October 2018

+ Info Dapenbun lainnya

 
         
    Simulasi Manfaat Pensiun  
     
Untuk mengetahui simulasi perhitungan dana pensiun silahkan klik disini.
 
         
    Butuh Bantuan ?  
     
Jika anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai produk atau layanan Dapenbun, anda dapat menghubungi kami disini.
 

 

Copyright Dana Pensiun Perkebunan 2019 Webmail | Kontak