Bidang Keuangan

Dasar Keberadaaan Organisasi Bidang Keuangan dan Tugasnya :

  1. Struktur Organisasi Bidang Keuangan berdasarkan pada SK Direksi PT. Perkebunan Nusantara X (Persero) selaku Pendiri Dana Pensiun Perkebunan No. XP-SURKP/13.01 tanggal 15 Maret 2013.
  2. Secara Struktur Organisasi, Bidang Keuangan berada di bawah Direktur Operasional, yang dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang membawahi 3 (tiga) Urusan, yakni Urusan Akuntansi & Verifikasi, Urusan Keuangan dan Urusan Perencanaan Anggaran.
  3. Tugas Bidang Keuangan atas melaksanakan aktivitas Keuangan yang mencakup  akuntansi, keuangan dan anggaran, meliputi :
  • pencatatan  mutasi aset, liabilitas, biaya dan penghasilan DAPENBUN.
  • penyelesaian kewajiban finansial intern (honor, gaji) dan ekstern (pajak,hutang, jasa) serta menagih kepada pihak ketiga (bunga/deviden, hasil sewa, piutang dll).
  • melaporkan sumber penerimaan dan penggunaan dana  dalam Laporan Keuangan yang di Audit oleh Kantor Akuntan Publik Independen yang disusun sesuai ketentuan dan norma akuntansi yang berlaku, dan datanya diproses dengan     Sistem Informasi Dana Pensiun Perkebunan (SISFORBUN) yang terintegrasi di Kantor Pusat dan Cabang DAPENBUN.
  • penyampaian Laporan Keuangan untuk memenuhi kewajiban kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku regulator secara periodik.

Sekilas Aktvitas Bidang Keuangan s/d Triwulan II 2014

1)     Rekonsiliasi Hutang/Piutang Iuran Semester II/2013.

Bidang Keuangan telah melaksanakan kegiatan rekonsiliasi Hutang /Piutang iuran Semester II Tahun Buku 2013 yang dilaksanakan di LPP Yogyakarta tanggal  15 s/d 17 Januari 2014,  yang dihadiri oleh 31 instansi, yakni PTPN I s/d XIV (PERSERO), Lembaga dan Anak Perusahaan, sebagai penyelenggara Rekonsiliasi Hutang/Piutang tersebut PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara  (PT KPBN).

2)     Laporan Keuangan :

       a) Aset Neto

       b) Perubahan Aset Neto

3)     Tanggal 22 Mei 2014 telah dilakukan Rekonsiliasi Hutang/Piutang Iuran dengan PT. Perkebunan Nusantara I (Persero), telah disepakati saldo hutang iuran PTPN I (Persero) per 31 Desember 2013 sebesar Rp.151.946.866.374.

 

 
         
    Tentang  
       
         
    Simulasi Manfaat Pensiun  
     
Untuk mengetahui simulasi perhitungan dana pensiun silahkan klik disini.
 
         
    Butuh Bantuan ?  
     
Jika anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai produk atau layanan Dapenbun, anda dapat menghubungi kami disini.
 

 

Copyright Dana Pensiun Perkebunan 2016 Webmail | Kontak